Langsung ke konten utama

Liburan Pakai Motor Matic, Simak 7 Tips Perawatan Motor Ini


Sumber Foto : Instagram @planetban

Setelah setahun melakukan rutinitas kerja maupun dirumah, pastinya menginginkan ada minimal satu moment untuk melepas penat. Akhir tahun menjadi saat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga baik dialam terbuka maupun tempat wisata lainya.

Untuk menuju suatu tempat wisata yang diimpikan tentunya membutuhkan banyak persiapan. Salah satunya adalah kendaraan yang akan digunakan harus dalam kondisi layak jalan mengingat medan yang harus dilalui tak semua dalam kondisi ideal. 

Salah satu yang harus diperhatikan adalah kelayakan mesin maupun komponen pendukung dimana ketika terjadi kerusakan akan menyebabkan perjalanan kita menjadi terhambat. Kita tidak tahu apakah kendala itu terjadi ditempat yang dekat dengan bengkel atau ramai penduduk, kalau terjadi ditengah hutan atau tempat yang sepi penduduk apa yang kita akan rasakan?

Nah, Momen akhir tahun selalu menjadi agenda liburan yang tak bisa dilewatkan oleh sebagian masyarakat. Liburan natal dan tahun baru perlu dipersiapkan dengan baik. Seperti persiapan tubuh, biaya hingga kendaraan yang akan menemani Anda berlibur untuk mengeksplorasi tempat-tempatm menarik.

Bila Anda sudah memiliki rencana untuk liburan natal dan tahun baru menggunakan sepedam otor, pastikan Anda mengetahui tips perawatan motor sebelum liburan.

Salah satu rekomendasinya adalah Planet Ban sebagai salah satu retail Servis Motor dan Pusat Ban Motor ternama di Indonesia ingin berbagi rahasia mengenai tips merawat motor agar setiap komponen-komponen penting pada sepeda motor tetap terjaga.

Tips Perawatan Motor Sebelum Liburan

1. Cek Kondisi Ban Motor


Sumber Foto : Instagram @planetban

Ban motor menjadi komponen vital yang perlu pemeriksaan secara menyeluruh demi menjaga keamanan dan kenyamanan saat perjalanan jauh. Anda bisa mengecek tampilan luar dari ban motor, apakah ada keretakan, sobekan, alur yang menipis, maupun tekstur ban bergelombang.

Apabila ban baru diganti, sebelum melakukan perjalanan Anda perlu memastikan tekanan udara dalam kondisi normal pada ban. Jika terlihat tanda-tanda ban perlu diganti, sebaiknya segera mengganti dengan ban baru. Pergantian ban baru bisa dilakukan di Planet Ban terdekat. Planet Ban menyediakan berbagai merek, dan ukuran ban motor yang bisa disesuaikan dengan sepeda motor Anda.

2. Cek Kondisi Rem

Rem menjadi komponen penting dalam menjaga keamanan dalam perjalanan, setelah ban. Komponen pengereman perlu Anda cek, agar saat perjalanan kondisi rem dalam kondisi yang baik. Jika kondisi rem sudah terlalu dalam saat tuas ditekan atau diinjak, maka Anda perlu mengganti kampas rem.

Tanda keausan pada rem bisa diperiksa secara manual menggunakan indikator penunjuk yang terdapat di setiap dinding tromol. Jika dinding tromol sudah sejajar dengan tanda batas yang ada, maka bagian kampas tromol (brake shoe) perlu segera diganti. Pada rem Cakram, Anda bisa melihat ketebalan dari kampas maupun piringan rem, supaya mengurangi risiko yang tidak diinginkan selama perjalanan.

3. Cek Kondisi Oli Mesin


Sumber Foto : Instagram @planetban

Tips merawat motor sebelum liburan lainnya adalah penggantian oli mesin motor. Oli mesin perlu diganti oli baru sebelum melakukan perjalanan jauh. Pastikan oli yang dipakai bisa digunakan untuk jarak yang panjang. Anda juga perlu mengecek kandungan yang terdapat di dalam oli.

Seperti kandungan ester. Ester pada oli merupakan kandungan yang mampu menjaga tingkatkepanasan mesin motor dengan baik. Kandungan ester pada oli mesin dapat menjaga suhu mesin tetap stabil. Oli dengan kandungan ester sangat cocok digunakan untuk perjalanan jauh.

Jika Anda ingin mendapatkan oli dengan kandungan ester dengan harga terjangkau, Anda bisa menggunakan Oli eksklusif dari Planet Ban, yaitu oli X-Ten. Oli X-Ten memiliki kandungan ester yang dapat menjaga kondisi mesin motor secara stabil meski dalam torsi tinggi dan bisa digunakan hingga perjalanan 5000 kilometer

4. Periksa Aki Motor

Perawatan selanjutnya yang perlu dilakukan adalah pengecekan aki motor. Aki motor merupakan komponen penting untuk menjaga daya listrik sepeda motor. Saat akan melakukan perjalanan jauh, sangat perlu dilakukan pengecekan aki motor.

Pastikan aki tidak dalam kondisi bocor, karat, dan rusak. Jika Anda menggunakan aki basah, cek kondisi air aki sebelum melakukan perjalanan. Dengan melakukan pengecekan aki secara berkala, Anda bisa mengetahui kondisi aki apakah kondisi baik atau perlu diganti..

5. Cek Sistem Pendingin

Bagian sistem pendingin menjadi bagian yang sering terlewat untuk dilakukan pemeriksaan. Letak komponen yang tidak terlihat mata secara langsung, membuat komponen sistem pendingin jarang terpantau.

Sistem pendingin yang bermasalah akan membuat panas tidak mampu di redam dengan baik, yang bisa menyebabkan terjadinya overheat pada mesin. Sebelum melakukan perjalanan liburan, pastikan Anda telah memeriksa kondisi air pendingin (coolant) dalam indikator yang cukup. Serta mampu menjaga temperatur mesin tetap optimal.

6. Periksa Busi

Komponen yang perlu dilakukan pemeriksaan dan tidak boleh dilupakan saat akan liburan adalah memeriksa busi. Apabila busi motor terlihat kotor, Anda perlu membersihkannya. Namun jika busi sudah terlihat haus, Anda perlu mengganti busi dengan yang baru. Kondisi Busi yang tidak optimal akan membuat sistem perapian tidak bekerja secara sempurna. Sehingga mengganggu proses pengapian pada sepeda motor.

7. Cek CVT dan Rantai

Pemeriksaan lebih lanjut saat akan melakukan perawatan motor sebelum liburan adalah melakukan pengecekan pada komponen CVT untuk motor matic dan rantai pada sepeda motor jenis moped/bebek dan sport. Sistem penggerak ini memiliki fungsi dalam melakukan transfer tenaga pada sepeda motor ke roda. Jika kondisi penggerak pada CVT atau rantai motor tidak berfungsi dengan sempurna akan menghambat kinerja tenaga yang dihasilkan oleh mesin. Oleh karena itu, sebelum melakukan perjalanan liburan sebaiknya Anda melakukan servis komponen CVT maupun rantai sepeda motor Anda, untuk menjaga performa optimal selama perjalanan Anda.

Tips merawat motor sebelum liburan dari Planet Ban menjadi pengingat bagi Anda yang akan melakukan perjalanan. Kondisi sepeda motor dengan performa optimal, membuat perjalanan Anda tanpa hambatan.

Pemeriksaan kondisi sepeda motor dapat dilakukan dengan berkonsultasi dengan mekanik Planet Ban. Konsultasi sepeda motor di Planet Ban tidak dipungut biaya. Anda dapat mengunjungi Toko Planet Ban terdekat.

Selain itu, jika anda memiliki pertanyaan anda juga bisa melakukan konsultasi secara online secara gratis melalui Whatsapp Customer Service Planet Ban dengan menghubungi Tim Konsultasi Online Planet Ban.

Apapun masalah yang tedapat pada sepeda motor Planet Ban solusinya.

Ayo segera kunjungi Planet Ban terdekat dari lokasi Anda!



Komentar

  1. Wah, aku baru tahu kalau di Planet Ban juga bisa service motor. Kebetulan di dekat rumah juga ada. Aku bisa rekomendasikan ke teman-teman nih. Apalagi ada konsultasi gratisnya. Thank infonya, Kak..

    BalasHapus
  2. Urusan perawatan motor sering kali kita serahkan sama kaum laki-laki ya. Tapi ternyata perempuan juga tetap bisa merawat motor dengan bantuan pihak ketiga seperti planet ban ini. Terima kasih informasinya.

    BalasHapus
  3. Planet Ban selengkap itu ya perawatannya, untung ada dekat rumah jadi bisa cuuus buat ngecek mesin motor maticku

    BalasHapus
  4. Terima kasih informasinya sangat bermanfaat sekali.
    untuk aku pengguna motor matic dan sebagai wanita yang tidak mengerti tentang mesin memang menyerahkan perawatan ke planet ban bisa menjadi salah satu solusi terbaik saat ini.

    BalasHapus
  5. Dulu saya kira Planet Ban ya tempat ganti ban aja, ternyata bisa cek motor plus ganti spare part juga. Apalagi bisa konsultasi gratis juga. Yang begini memudahkan pengguna motor terutama perempuan yang kurang paham masalah komponen motor. Kalau ke bengkel kadang takut ketipu.

    BalasHapus
  6. Noted mas, makasih banget infonya, aku dulu suka abai banget sama perawatan motor, bahkan ga tau kalo harus ganti oli, sampai suatu hari motorku macet karena kehabisan oli, hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Presiden IIBF Heppy Trenggono akan Berbagi Inspirasi Bisnis kepada 1.000 Pengusaha Lampung

  Sumber Foto : IIBF Lampung Dalam rangka turut membangkitkan perekonomian masyarakat Lampung, Presiden IIBF Dr. (H.C) H. Heppy Trenggono, M.Kom akan bertemu dengan 1.000 pengusaha Lampung untuk memaparkan insight dan wawasan bisnis. Rencananya pertemuan akbar tersebut akan digelar Selasa Pagi (9/1/2024) di Swiss-Bel Hotel Bandar Lampung. Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan Wawan Setia P pertemuan akbar tersebut akan dihadiri sedikitnya 1.000 pengusaha di Lampung. Target peserta tersebut sangat realistis karena banyak pengusaha yang ingin mendengarkan langsung pemaparan inspiratif dari Pak Heppy Trenggono, dimana beliau saat ini merupakan Founder Balimuda group dengan 12 anak perusahaan dan 3.000 karyawan.  Presiden IIBF Dr. (H.C) H. Heppy Trenggono, M.Kom Sumber Foto : Instagram @heppytrenggono.official Pertemuan Diinisiasi IIBF Lampung Pertemuan yang diinisiasi oleh Indonesian Islamic Business Forum (IIBF) Lampung tersebut juga akan menghadirkan narasumber pengusaha asal Lampung yakni d

Vivobook Go 14 E1404F : Laptop Primadona Pelajar, Handal & Harga Murah

Laptop Vivobook Go 14 E1404F Kalau ngomongin laptop nggak ada habisnya nih. Personal Computer yang mulai populer diera 1970an ini terus berevolusi dari ukuran segede gaban hingga saat ini bisa kita tenteng kemana-kemana. Tentunya dengan hadirnya laptop sangat memudahkan segala tugas-tugas kampus maupun pekerjaan. Belum lagi, diera berkembangnya internet banyak orang yang menyelesaikan pekerjaannya hanya dari rumah, bahkan ada sebagian yang kerja dari resort atau pulau terpencil. Kalau aku pribadi yang keseharian bekerja sebagai blogger dan konten Kreator maka kehadiran laptop sangat-sangat membantu. Dengan menggunakan laptop maka lebih fleksibel menginstal aplikasi editing maupun pemutar musik dengan kapasitas besar. Tentunya laptop maupun smartphone merupakan gadget yang saling mendukung. Sebagai blogger dan konten Kreator sangat selektif dalam memilih laptop. Dimana spesifikasi handal menjadi pertimbangan utama mengingat kecepatan dalam menyelesaikan pekerjaan menjadi kunci efisien